Cara Memelihara Ikan Koi Yang Benar untuk pemula

Bagaimana cara memelihara ikan koi yang baik dan benar

Blogikan.com – Memiliki warna yang sangat beragam sekali, jenis ikan hias satu ini memang cukup banyak peminatnya. Bahkan ikan koi termasuk jenis ikan hias yang paling laris manis di pasaran. Nah, buat Anda nih yang kebetulan di rumah memiliki jenis ikan hias tersebut, kira – kira sudah tahu belum cara memelihara ikan koi yang benar? Jika masih belum, Anda boleh deh simak langkah – langkah mudahnya di bawah ini. Dijamin ikan koi yang ada miliki tersebut akan tumbuh lebih sehat dan pastinya juga memiliki umur yang lebih panjang lagi.

Cara Memelihara dan Merawat Ikan Koi

Pemilihan kolam ikan koi yang tepat

Kolam untuk jenis ikan hias satu ini ini ternyata bisa dibuat dari beberapa macam bahan yang berbeda. Untuk membuatnya sebetulnya mudah sekali, yakni dengan membangun kolam tersebut dengan kedalaman sekitar 1 m. Apabila Anda ingin memelihara lebih banyak lagi ikan koinya, itu artinya Anda butuh kolam ikan yang lebih besar lagi ukurannya.

Pemberian makan yang sesuai

Pemberian makan pada ikan koi ini juga penting sekali untuk Anda perhatikan dengan baik. Sebab, ketika Anda akan memberikan makan pada ikan koi maka Anda harus memperhatikan terlebih dulu beberapa kondisi, seperti ukuran ikan, suhu kolam, dan jumlah makanan yang akan diberikan. Sehingga dengan begitu Anda bisa memberikan makanan dalam jumlah yang tepat pada ikan koi kesayanganmu. Kelebihan makanan pada ikan hias ini ternyata sangat beresiko alami gangguan kesehatan, bahkan ikan koi Anda bisa terancam nyawanya.

Menjaga kondisi air kolam

Sangat disarankan sekali agar Anda terus menjaga kondisi air kolam tempat hidup ikan koi kesayangan Anda tersebut. Sebab, ikan koi ini tidak bisa bertahan hidup dalam waktu lama di kondisi air yang kotor. Ada baiknya kolam ikan koi ini dibuat secara natural, yakni bisa dialiri udara, dipompa, dan juga disaring sehingga bisa membuat airnya selalu segar dan bersih. Selain itu bila perlu Anda juga bisa menambahkan bahan yang bisa menjaga air kolam agar tetap segar dan bebas dari hama.

Memastikan kesehatan ikan koi

ikan koi adalah termasuk jenis ikan hias yang memiliki sistem imunitas tubuh yang cukup lemah, sehingga penting sekali bagi Anda untuk selalu memastikan dengan baik kesehatan ikan hias kesayangan Anda tersebut. Cara memelihara ikan koi yang berikut ini bisa Anda coba lakukan dengan cara memperhatikan apa ikan Anda alami kelelahan, kehilangan nafsu makan, atau lebih cenderung menyendiri dari ikan koi yang lain. Beberapa hal yang sebabkan masalah kesehatan pada ikan koi Anda adalah infeksi bakteri apabila ikan Anda alami luka. Makanya agar ikan koi Anda selalu sehat, pastikan air kolam tetap bersih dan segar. Bila memang ikan koi Anda sakit, segera pisahkan dari ikan koi yang sehat sampai keadaannya membaik.

Baca juga: Tanda – tanda Ikan Koi Sakit

Memberikan pellet ikan yang bagus

Selain makanan dasar ternyata ikan hias satu ini juga butuh nutrisi tambahan, seperti pellet ikan yang di dalamnya mengandung protein yang tinggi. Pellet ikan yang bisa diberikan pada ikan hias kesayanganmu tersebut adalah yang mengandung protein lebih dari 30% dan memiliki kandungan lemak sekitar 5%.

Menyediakan tanaman alami kolam

Selain itu, Anda juga bisa memberikan nutrisi tambahan dengan cara menyediakan tanaman alami di kolam ikan hias tersebut berada. Beberapa tanaman yang paling direkomendasikan untuk ikan koi adalah alga dan duckweed. Selain itu Anda juga bisa memberikan potongan sayur seperti wortel, kacang polong, bayam, selada, dan lain sebagainya.

Berikan makanan yang bisa cerahkan warna ikan koi

Sebab ikan hias dengan jenis ini cukup terkenal sekali akan warna kulitnya yang cantik, maka Anda perlu sekali untuk memberikan beberapa jenis makanan yang bisa mencerahkan warna kulitnya. Makanan yang bisa Anda berikan adalah udang, krill, dan spirulina. Makanan tersebut cukup dikenal oleh banyak orang, khususnya bagi mereka yang gemar mengkoleksi ikan hias untuk mencerahkan warna dari kulit ikan koi.

Memberikan makanan hidup

Di habitat aslinya, ikan koi ini biasanya mendapatkan makanan dari hewan – hewan kecil yang hidup. Maka dari itu Anda juga perlu sekali memberikan ikan hias yang Anda miliki tersebut dengan makanan hidup, seperti cacing, larva serangga, dan tanaman alga. Makanan hidup ini bisa jadi sumber nutrisi dasar, mineral, dan vitamin bagi ikan koi.

Ukur suhu air kolam

Pada dasarnya jumlah makanan dan frekuensi pemberian makan pada ikan koi ini ternyata juga tergantung dari suhu air kolam itu sendiri. Perubahan suhu air bisa mempengaruhi metabolisme ikan koi, sehingga bisa mengubah kebiasaan makannya. Semakin tinggi suhu kolam tempat ikan koi hidup, maka metabolisme ikan akan semakin meningkat. Selain itu, jumlah makanan dan frekuensi pemberian makan pun bisa diturunkan, begitu pun sebaliknya.

Baca juga: Cara Budidaya Ikan Koi di Akuarium

Demikian informasi yang bisa kami bagikan tentang cara memelihara ikan koi yang benar dan mudah. Semoga bermanfaat.

Post Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *